Inilah Mobil Aneh Paling Jorok Di Dunia


Mobil bisa digunakan sebagai media seni. Tapi apa jadinya bila sebuah mobil ditempeli oleh berbagai ornamen dari bahan kuningan di sekujur tubuhnya? Yang pasti mobil akan jadi sangat berat. Bobot mobil ini pun kini menjadi 4,5 ton yang membuatnya harus ganti ban setiap 4.000 km.

Dilihat dari penampilannya mobil ini mungkin terlihat sangat aneh dengan bentuk tubuh yang terkesan tidak beraturan. Hal itu tidaklah aneh, sebab ada sekitar 5.000 pernak-pernik ornamen dari bahan kuningan yang menempel di mobil ini.

Untuk menjadikan mobil ini sebagai sebuah barang seni, mobil bermodel van yang dikenal sebagai “California Fantasy Van" ternyata memiliki waktu pengerjaan yang sangat lama yakni mencapai 22 tahun.

Proses pengerjaan mobil lini dimulai pada awal tahun 80an dan terus dikerjakan hingga lebih dari 20 tahun. Pemilik pertama mobil ini, Ernie Steingold menyematkan sebuah ornamen berbentuk gajah dari bahan kuningan di kap mesin mobil ini sebagai penghias mobil.

Dan sejak itu, Steingold bagai kecanduan dan terus menaruh berbagai pajangan di mobil yang aslinya adakan mobil GMC buatan tahun 1975 ini.

Setelah menaruh 3 hiasan berbentuk gajah itu, Steingold pun menutupi bagin mobil dengan koin kuningan. Tidak tanggung-tanggung, koin kungingan yang dibutuhkan untuk menutup tubuh mobil ini ternyata mencapai angka US$ 15 ribu atau sekitar Rp 128,7 juta.

Kini, Hunter Mann yang saat ini menjadi pemilik mobil tersebut mengatakan kalau ada sekitar 5.000 ornamen dari bahan kuningan yang melekat di mobil ini. Ornamen-ornamen ini memiliki berat sekitar 4,5 ton.

Karena itulah tidak heran bila beban mobil ini jadi sangat besar. Ban mobil yang menahan bobot mobil pun harus diganti tiap 4.000 km.

Saking uniknya, Mann seperti detikOto kutip dari odditycentral, Senin (30/5/2011) mengatakan kalau hampir setiap 5 hari sekali dirinya diberhentikan oleh polisi setiap berjalan dengan mobil ini.

Tapi Mann bukannya ditilang, sebab rata-rata polisi-polisi itu tertarik dengan mobil ini dan bertanya bagaimana membuatnya atau bahkan untuk sekedar mengabadikan mobil ini dengan kamera.

Saat ini, mobil tersebut dipajang di ArtCar World, sebuah museum untuk mobil seni, di Douglas, Arizona. Nilai mobil ini pun diperkirakan mencapai US$ 350.000 atau sekitar Rp 3 miliar.

0 komentar:

Posting Komentar