Naskah Teater:Belut Nakal

BELUT NAKAL

Karya WandiJeger

Setting

Areal persawahan

Pemain:

· Belut 1,2,3

· Mat sajam

· Likuk

· Sombong

BABAK I

Likuk berdiri di pinggiran sawahnya yang subur kemudian Mat sajam berlari-lari di atas pentas dengan membawa pancing,mengejar belut yang berlari kegirangan

MAT SAJAM

Eh,..dasar belut,di bilang jangan lari,..malah lari?serba susah, di kasih roti gak mau,di kasih duit geleng-geleng,..eh mau di kasih mandau malah lari kegirangan.,.aneh!!

LIKUK

Jangan putus asa,masih banyak kok belut-belut laen yang rela di makan oleh kamu,.kalau gak ada di sawah ini di sawah si sombong tu banyak,.belut-belut gemuk yang gak bisa lari,...gak perlu pakek pancing,cukup dengan kedua tanganmu,.Hap,. langsung di tangkap

MAT SAJAM

Trus kenapa belut yang ada di sawah mu pada kurus-kurus, kayak pemilik sawahnya?

LIKUK

Oh itu takdir,ibarat buah kalau jatuh gak jauh dari pohonnya,kalau ada belut yang gemuk di sawahku berarti itu belut tetangga yang numpang hidup dan mencari pasangan

MAT SAJAM

Tadi belut yang lari itu belut siapa?

LIKUK

Mana aku tau,toh sampai sekarang belut-belut itu belum pada laporan kepada pemilik sawah,..cari informasi sendiri

MAT SAJAM

Ah,..ku bunuh belut itu kalau ketemu,..

LIKUK

Good,..setidaknya mengurangi beban hidupku,aku malas terus di tanya-tanya masalah belut,..

MAT SAJAM

Kamu lupa,..kalau belut itu yang menyuburkan tanahmu ini,lupa kalau belut itu yang membuat tikus-tikus pada lari?

LIKUK

Iya,.ya,aku lupa,..kemana belutnya mau aku kasih makan sebagai balas jasa dariku

MAT SAJAM

Telat,karna aku mau membunuhnya

LIKUK

Tapi kasih aku waktu,..beberapa detik aja,biar gak ada hutang jasa antara aku dan belut itu!

MAT SAJAM

Sebaiknya kita sama-sama mencari belut itu,sebelum belutnya lari ke luar negeri

(merekapun pergi)

BABAK II

Tampak belut-belut yang lari kegirangan sambil tertawa hingga perutnya sakit

BELUT 1

Haha,...Aduh perutku sakit menertawakan orang yang berlari tunggang langgang mengejarku,jangan bilang aku belut kalau gak bisa lari cepat

BELUT 2

Sebaiknya kita sembunyi,..takut ah kalau nanti di tangkap,.trus di goreng,..seeng(seolah di goreng),tamatlah sudah riwayat perjuangan kita buat melestarikan Belut-Belut se –indonesia

BELUT 1

Ah,..lupakan persatuan itu,sekarang perjuangkan nasib kita sendiri,aku ingin bikin paspor dan hidup di negara jepang

BELUT 2

Mimpi,..kebanyakan tidur deket Radio pemilik sawah itu

BELUT 1

Sekarang apa usahamu?

BELUT 2

Aku ingin bunuh diri saja,..daripada di bunuh orang,enak di bunuh diri sendiri

BELUT 1

Sudah tidak waras, temenku ini,.dosa tau!!bunuh diri itu

Kemudian BELUT 3 datang dengan lari tergopoh-gopoh

BELUT 3

Ini gawat,..Gawat,.. kita sudah jadi buronan dengan harga mahal,.bayangin aja kita di samakan dengan harga kambing

BELUT 1

Udah kita gak perlu lagi diskusi atau bicara panjang lebar lebih baek,.....ka,..bur!!!!(berlari)

BABAK III

Tampak LIKUK dan Si SOMBONG berdiri di dekat sawah

SOMBONG

Kenapa kau tak mau menjual seluruh belut-belut yang ada di sawahmu,.bukankah akan ku bayar mahal,..?

LIKUK

Belut-belut itu sudah seperti anakku sendiri tak mungkin aku tega menjual anakku sendiri,..aku masih waras

SOMBONG

Belagu,..lo! kayak orang kaya aja,seberapa banyak hartamu lebih banyak harta ayahku

LIKUK

Harta presiden lebih banyak lagi

SOMBONG

Sudah relakan saja belut-belut itu,..aku tau belutmu sudah pada nakal semua,..buktinya hari ini pada pergi kesawah tetangga

LIKUK

Biarlah,..itu kesenangan mereka,..jika mereka senang aku juga ikut senang

SOMBONG

Tapi kamu gak sadar kalau belut-belutmu pada kurus gak seperti belut yang ada di sawahku mereka pada gemuk,..sehat

LIKUK

Aku benci dengan percakapan ini,sebaiknya kau pergi,.SOMBONG?

SOMBONG

Bisa juga marah pemilik belut nakal,..baeklah aku pergi,.selamat bersenang-senang dengan belut kurusmu itu(pergi)

LIKUK

Free,..sekarang kalian boleh pulang lagi kesawahku belut-belutku

(datanglah BELUT 1,2,dan 3)

BELUT 1

Kemana para pemburu kami majikan?

LIKUK

Mereka pada tak suka pada kalian ,...kalian tu belut nakal

BELUT 2

Hem,..baeklah jika laen kali kami di lahirkan,mau jadi belut gak nakal ah,..asyik dikejar-kejar tu ,itung-itung olahraga pagi

LIKUK

Sekarang masih mau tinggal gak di sawahku

BELUT 3

Mau,..mau

LIKUK

Bayar Kost nya dulu dong,sekalian pajak tempat nya juga

BELUT 1

Apa???????????????(Ketiganyapun jatuh pingsan kemudian mati)

THE END

0 komentar:

Posting Komentar