PUYANG GAJAH BERENDAM DESA LUMPATAN.Kab.Musi Banyuasin

PUYANG GAJAH BERENDAM DESA LUMPATAN

Salah satu Puyang orang desa Lumpatan yang menurunkan keturunannya, mana aslinya adalah RADEN TAMARAN Bin Raden Kosim lahir di Palembang pada tahun 1722 – 1801 M.

a. Silsilah

Puyang Gajah Berendam, Raden Tamaram bin Raden Kosim Bin Raden Tambuhillah bin Pangeran Ario Panansang bin Sultan Abdurrahman bin Amrullah keturunan dari kesultanan Palembang.

b. Zuriyat

Raden Tamaram menikah dengan Raden Ayu Sekar Ayu binti Raden Alit bin Raden Kismoyono keturunan dari Banten, mendapat keturunan :

1. Raden Tarsusi 3. Raden Pendasaru dan

2. Raden Ayu Kasiani 4. Raden Ayu Misminah

c. Riwayat Singkat

Raden Tamaram pernah menjadi pimpinan Laskar Kesultanan Palembang Darussalam, beliau memiliki ilmu Silat jato tanding, keluar atau berhenti dari pimpinan Laskar dan merantau ke Jambi, lalu kembali ke Desa Lumpatan, karena pada masa itu isterinya akan direbut oleh Demang Lebar Daun, yang mana untuk menghindari pertumpahan darah maka Raden Tamaram bersedia mengalah dan mengungsi, lantaran Demang Lebar Daun masih sepupuh dengannya.

Julukan Gajah berendam adalah bahwa beliau tahan menunggu musuhnya dengan merendam diri di sungai, karena pada zaman itu hubungan adalah sungai, maka salah satu keturunan dari nenek moyang orang Desa Lumpatan adalah dari Zuriyat beliau. Makomnya sekitar Pinggiran Musi yaitu Ulak Enau Gadis.

Sumber:Aminin Trio amigo,Romadoni,S.Sos,M.Nasir,S.Pd,Penulis:Suwandi,S.H

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Makomnya sekitar Pinggiran Musi yaitu Ulak Enau Gadis di sekitar mane ye...?

Posting Komentar