Cerita Rakyat di Kabupaten Musi Banyuasin



PUYANG RAMEDAN(ASAL-USUL DESA ULAK PACEH)
MOTTO ULAK PACEH :

ULAK PACEH TANAH BETUAH
DUSUN PUSAKO PUYANG RAMEDAN
BAIMPUN SERANTAU LAWANG WETAN
PEMBELA SETIA NEGERI PALEMBANG

Penulis naskah : SUWANDI,S.H
Sutradara : udit ariyadi
astrada:Jeger
SUMBER : MUHAMMAD NASIR,SPd
A.RIFAI ADENAN



PUYANG RAMEDAN

Konon lebih 200 tahun yang lalu bermukim dan berkebun seorang kakek tua yang bernama Puyang Ramedan.
Agak di tengah perkebunan yang di Tanami bermacam sayuran berdiri sebuah rumah panggung ,lebih tepat pondok di atas tiang ,berdinding pelupuh(bilah di Rajang kecil susun sedemikian rupa hingga merupakan dinding )beratapkan serdang yakni daun pohon palm yang bernama serdang yang di sondok atau di jalin hingga menjadi atap.

Siang ini suasana sekitar kebun itu sangat sunyi,tidak ada suara orang,hanya sesekali di hutan di pinggir kebun terdengar nyanyian dan kicau burung muarai atau burung sawi ( seri gunting ),sementara di kejauhan terdengar suara burung lengkelok ( burung enggang ) juga bersahut-sahutan rupanya lagi ngumpul di sebatang kayu are sebelah ulu sana yang memang sedang berbuah lebat.

( terdengar suara batuk kecil,kemudian muncul seorang laki-laki separuh baya,dengan seluar belacu berwarna kemerah-merahan bekas ubo( getah kayu samak) di bahunya berselempang kain sampan juga dari belacu yang juga sudah agak kumal.

Bagian 1

Puyang Ramedan : “ai….nak naik enak asek awakku dak lemak nian,dak tepare”,..aseknye endak nian aku merokok tapi rokok pucuk ka’ dak suek??? ( lalu berjalan kearah sungai kalaulah ada perahu “ Kayu Agung “ yang liwat,kemudian di duduk di sebuah “paseban”yang memang telah tersedia di sana di atas tebing tepian ,untuk menunggu biduk yang biasanya sering liwat membawa berbagai macam barang dagangan.hampir satu jam orang tua itu menunggu,belum juga Nampak perahu yang datang,ia mulai agak kesal,kesabarannyapun mulai habis ,ia mulai beranjak berdiri dari paseban,…tiba-tiba dari tanjung ulak pelai muncul sebuah perahu,kemudian muncul sebuah lagi,…setelah perahu mendekat berserulah orang tua tadi).

“ hoi dulurku,ade ngunde rokok pucuk ape dak kalu ade aku nak merasan beberape unting??”

Rohiman : ado mang,ado jugo tembako,”baik”,temako rejang,jugo ado tembako ranau !!!!
Puyang Ramedan : aku cuman nak merasan rokok pucuk,kalu tembako masih ade
Rohiman : payo kalu mak itu,rokoknye bagus-bagus mang,mudo-mudo lagi lebar- lebar,masih baru,kami ini baru limo ari dari Palembang,…

mamang ini nak mbeli rokok pucuk (kata rohiman kepada temannya rohimin yang baru datang)
rohimin :kalau punyo kau lah habis ,punyo aku jugo ado,masih banyak
rohiman : punyo aku masih adolah,……(lalu mengeluarkan beberapa gendang rokok pucuk) ini dio mang mau brapo unting,apo nak lajukelah segendang???
Puyang Ramedan : aku mintek due atau tige unting bae dulur,….(lalu di ambilnya beberapa unting rokok)kamu tunggu dulu yek,..aku nak ngambek tukaran rokok tige unting ikak di pondokku di darat,idak lame ,parak sikaklah.
Rohiman : jadilah itu mang ,asal jangan lamo-lamo
( Tak lama kemudian orang tua itu membawa tadok,yang beris syur-sayuran )
Puyang Ramedan : dulurku ambeklah sayur-sayuran ikak,ya sebagi tukaran 3 unting rokok tadi,sebab aku sekarang lagi dak suek duit!!
Rohiman : untuk apo syuran itu mang ,kami ini baru giliran nak mudik,belum tentu sebulan ini nak balik ke ilir,sedangke syur-sayuran ini paling duo tigo ari sudahbusuk semua.
Puyang Ramedan : maksudku tu,ngenjuk sayuran ikak untuk kamu makan dijalan bukan pulek untuk kamu unde balek ke Palembang.
Rohimin : oi mang,…kami mudik ini bedagang,yang kami perlukan adalah duit,..kalau sayuran kami la banyak,di perahu ini ado bermacam-macam ,kubis,sawi,buncis,lauk paukpun ado nak rosep,petis,tauco,atau pede siam ado galo,ambek bawaklah balek terong,timun tu,kami idak beguno sayuran itu,yang kami perlukan duittt..
Puyang Ramedan : oiiii dulurku tolong nian,aku dang dak katek nian duit,jadi ambelah sayuran itu untuk tukaran 3 unting rokok tadi.
Rohiman : dak pacak mang ,kalu dak katek duit ,kitek urungan bae!!!!
Puyang Ramedan : payola amon mak itu nian,tunggulah di sikak,..aku nak ngambek rokok tadi di umahku,..( pergi berbalik kerumahnya)
Inilah rokok kamu,masih utuh,sebatangpun belum luang,ambeklah lagi,artinye kitek dak bejadian,cumin tu ade karne kamu kak masih bakal lame dan jauh bejalan kak amon raga gerantang mikaklah terus,kagek ade pangkebetemu ngen batunye,…mudah-mudahan bae dak kade,..singgo aman-aman bae???
Rohiman : itu bukan urusan kamu wong tuo,nak benasehat pulo,kami nil ah neman bejalan,amon jadi kendak macan,idakkan kambing betanduk panjang,..lagian sangkannye nanjung tu oleh karene karai tau dak!!!!

Puyang Ramedan :paYo amon mitu mare oi,…permisi aku nak balik!!(pergi)
Rohiman :wong tuo keparat,belian jadi idak,ngabis ngabiske waktu bae,hari la petang dusun lum sampai….oi dek mak mano mun kitek bemalam di sikak,jingok matahari dak lame lagi tenggelam?
Rohimin : amon aku tu nurut bae,Cuma cagak unjartu pakamke dulu karne banyu ikak lakarke naik….
( tidak beberapa lama terdengarlah dengkur mereka berdua pertanda sudah terlelap tidur)
Puyang Ramedan :( keluar dan membawa perahu mereka kedaratan)
( bunyi kokok ayam menandakan hari telah pagi keduanyapun terbangun,betapa terkejutnya mereka saat menyadari ia dan perhunya telah berada di daratan)
Rohiman : oi kak rohimin,inilah akibat kesombongan kamok kemaren tu,tentu mamang tuo tu yang punyo gawe,ruponyo die tu bukan wong sembarangan,cubo jingok ke bae….duo ikok perahu kito tudi tariknyo sekaligus mak ini,apo kamu sanggup melawannyo???
Rohimin : iyo dek rohiman,ruponyo dio tu wong punyo sakten,bakal saro kito,..menurut kamu mak manolah caro kito ini,..
Rohiman : kalu aku dak katek laen,kito nyerah bae,nyerah ngaku salah,mintek ma’af mintak ampon serto nak di apoke terserah ,kagek mudah-mudahan dio bekenan ma’afke kito,.
Rohimin : jadi,….apo ito bangunke dio mak ini
Rohiman : kalu itu aku dak berani,kagek keno marah pulo,baeknyo kito tunggu bae dio bangun baru kitek ngadap,..
Rohimin : payola,kito nunggu dulu
( mereka berdua mondar-mandir menunggu oaring tua itu terbangun,tak lama kmudian terdengar suara batuk-batuk kecil pertanda orang tua itu telah bangun,lalu keduanya langsung meraup(membungkuk memegang) kedua kaki orang tua itu sambil serempak berkata:
“oi mang,…kami mintek ma’af nian mang,atas omongan kami kemaren sore itu,kami mintek ma’af,kami mintek ampun,kami nyesel nian mang,kami nyerah nak di apoke bae terserah,kami memang bersalah,kalu mamang nak apo bae di perahu itu ambek bae lah mang,.dak usahke tigo unting rokok,pokoknye kami nyerah mang idup mati kami.
Puyang Ramedan : dak usahlah nak ngenjuk-ngenjuk aku,kagek kamu rugi,aku tau kamu ughang bedagang,.
Rohiman : idak mang kami nyesal nian ngen perbuatan dan omongan kami kemaren tupokoknye mamang kami jadike wong tuo kami,kami bersumpah mang,tolong kalu pacak,..mak mano caronyo balikke perahu kami tu ke banyu lagi,..
Puyang Ramedan : kalu kamu badue memang sungguh-sungguh nyesal dem tu nak bejanji dak berlaku sombong ngen congkak,..aku terime permintaanmu,..( kemudian menarik perahu tersebut ke sungai)
Rohimin : terime kasih nian mang,pokoknye mulai saat ikak kami ngangkan mamang jadi wong tuo kami,tiap kali mudik atau ilir kami singgah,nak ngeruanke keadaan bapak,…
Puyang Ramedan : terserah kamulah,…
( demikianlah masa terus berlalu,..setiap kali hilir ataupun mudik kedua orang dagang tersebut,singgah di kebon puyang Ramedan,di tinggalnya bahan-bahan keperluan orang tua itu sebaliknya orang tua itupun setiap kali kedua anak angkatnya datang,di berinya bahan-bahan hasil kebon,segala macam sayuran,.kalu lagi musim durian,ya..buah durian atau pisang masak,serta beberapa botol manis enau,..sehingga jalinan kekeluargaan di antara mereka makin akrab dan erat )

Bagian 2

Prajuri pengawal : ampun tuanku sribaginda sultan,.ado serombongan tamu dari bugis nak menghadap tuanku??
Baginda Sultan : persilahkan rombongan itu masuk dan menghadap beta
Prajurit pengawal : baiklah tuanku,..hamba mohon kembali
( maka masuklah rombongan itu,dengan di iringi beberapa pengawal )
Panglima Bugis : ampun tuanku,Raja Negeri Palembang,kami ini adalah utusan dari raja kami dari negeri Bugis
Baginda Sultan : Oo..selamat datang di negeri Palembang,wahai tuan-tuan dari negeri bugis,apakah ada berita,ataupun pesan dari Rajamu,yakni tuan raja Negeri Bugis?
Panglima Bugis : daulat tuanku,Raja kami berpesan kepada tuanku raja Palembang,kalaulah tuanku berkenan,beliau berencana sekitar 3 bulan lagi akan berkunjung ke negeri Palembang ini,beserta para pembesar Negeri Bugis,daulat tuanku( sembah utusan bugis tersebut)
Baginda Sultan : kalau demikian itu maksud rajamu,dengan senang hati kami beserta segenap rakyat siap menunggu dan menerima rombongan Rajamu itu!!
Panglima Bugis : baiklah Paduka tuanku raja,kalau demikian titah tuanku,kami menghaturkan banyak terima kasih dan mohon diri untuk kembali ke negeri kami menyampaikan hasil kunjungan kami ini kepada baginda raja kami di negeri Bugis.
( setelah di persilahkan maka rombongan utusan itu mohon diri an kembali keperahunya “penes”nya,tidak lama,jangkarpun di angkat,perahupun berbalik arah kemudian bergerak ke hilir hinga menikung dan tak Nampak lagi )
Baginda Sultan : wahai para menteri,para panglima,serta para hulu balangku,tadi baru saja menghadap beta ,perutusan dari negeri bugis,maksudnya menyampaikan pesan sehubungan dengan rencana rajanya,yaitu kira-kira tiga bulan lagi raja Bugis dengan pembesar-pembesar serta para rombongannya akan berkunjung ke Palembang ini,katanya untuk menjalin persahabatan dengan negeri Palembang,itulah makanya saya mengumpulkan kamu sekalian,bagaimana menurut pendapatmu wahai para pembantu-pembantuku sekalian,.
Perdana Menteri : menurut pendapat Hamba tuanku,usul dan rencana raja Bugis itu baik dan sah-sah saja,tapi kita harus tetap waspada,karena kita tahu raja Bugis itu sangat licik,telah banyak negeri yang ditipu dan di serangnya secara mendadak serta di taklukkannya,semua negeri yang pernah di hampiri pernah di serang dan kalau kalah menjadi jajahannya,kita jangan mudah percaya dengan mulut manisnya!!!
Panglima : betul tuanku,negeri Bugis itu angkatan perangnya besar dan kuat,sedangkan kito,karena bertahun-tahun negeri Palembang aman – aman saja,teneram dan prajurit kito cumin sedikit,itupun jarang berlatih,pedang dan kujur atau tombakpun jarang di asah,lah banyak yang bekarat,pendapat hamba kita harus bersiap-siap,untuk menjaga diri perkuatkan pertahanan kita,kita tambah prajurit-prajurit…
Baginda Sultan : baiklah kalau begitu halnya,mulailah cari orang-orang gagah,yang kuat-kuat,yang sakti-sakti,yang berani-berani,untuk di jadikan prajurit kita.sebarkan kesulruh negeri sampai ke pelosok-pelosok agar orang-orang muda kuat-kuat,sakten-sakten,serta jagoan dan para jawara agar di ambil dan di bawa ke Palembanguntuk segera di latih menjadi prajurit.

Mulailah di sebarkan pengumuman,Di pukullah canang ( kenong ) untuk mengumpulkan orang –orang yang akan di jadikan prajurit memperkuat pertahanan perang untuk memprtahankan negeri Palembang belum seminggu pengumuman itu para utusan dari ibu Kota Palembang maupun dari dusun yang di kirim oleh pangeran,depati ataupun Pesirah,semuanya berlatih di benteng Kuto Besak,walaupun telah hebat-hebatkemampuan para prajurit,tapi di hati Baginda sultanmerasa kurang puas

Baginda Sultan : sebarkan lagi pengumuman, aku nak wong yang lebih sakti lagi,..

( tak lama kemudian berdatanganlah orang –orang yang mempunyai kesaktian,ada yang ahli kuntaw,ada yang kebal kulit,ada yang punya ilmu pengelam,orang yang bias berjalan di atas air,dan sebagainya )

Di laut benteng ( tebing tepian ) banyak perahu-perahu Kayu agung yang tertambat dan berlabuh hingga sore itu,si rohiman yang baru turun ke perahu memanggil kakaknya rohimin

Rohiman : Ooi kakak rohimin,ini ado lokak,jingok ini pengumuman sultan,(katanya smbil menunjukkan anggon di mane bae ,bakal dapat hadiah dari sultan,na apo lagi,..kito laporke bae bak angkat kito di hilir Dusun Ulak Sunangos tu,..menurutku dio tu anggon ,ingat ke bae die tarik perahu kitek sampek ke bawah podoknyo,kan luar biaso itu??
Rohimin : iyooo…yo,nah payola kito untung-untungan,cepat-cepat ngadap sultan
( maka berangkatlah keduanya mengahadap sultan )
Baginda Sultan : bagaimana kamu bisa mengatakan bahwa orang itu kuat dan sakten?

Rohimin : maaf tuan ku sultan, kami beduo ni dulu itu pernah belaku agak kasar dan sombong kepadanya, ruponyo dio marah dan dendam dengan kami , malamnyo waktu kami tidur kedua perahu kami ditariknyo kedarat sampai kebawah pondok ditengah kebunya.lalu kami minta maaf,minta ampun dan kami mengangkat wong tuo kepadanya, baru perahu kami ditarik kembali ke sungai musi, bayangke bae bekas tarikan perahu kami ditanah itu kini menjadi semacam sungai .
Baginda sultan : baiklah kalau begitu,kamu berdua segera berangkat ke ulak sunangos , bersama hulu baling menjemput orang itu naik rejong .besok pagi berangkatlah, kalu betul ada orang yang kamu masukan kami akan beri hadiah , tapi kalu kamu bohong, orang itu tidak ada , awas ku pancung lehermu supaya biar kepisah kepala badanmu .

(keesokan harinya berangkatlah rohimin dan rohiman dan seoran hulu baling menuju ke ulak sunangos, hamper sehari semalam sampailah perahu legong tersebut di tepian ulak sunangos. Ketiga orang penumpangnya naik kedarat yakni hulu balang dan kedua orang penunjuk jalan:rohimin dan rohiman . langsung menuju pondok di tengah kebon )

Puyang ramedan : oh…..rohimin dan rohiman , ape kamu baru datang, siape lah kanti nga itu , ajak kesikak , ape kabar , lalame pulek kamu dak singgah di pondok ku ikak .
Rohimin : kabar baik pak , ini ado berita baru , bersama kami ini adalah hulu balang raja dio diutus oleh sunan bersama kami ini untuk menjemput ba pak , diajak segera milir ke Palembang .
Puyang ramedan : ape die perlunye mun , ape ade salahku , raga dapatke dingen hulu balang mikak
Hulu balang : bapak tu dak katek salah , tapi sunan di Palembang tu sedang memerlukan orang –orang sakten macam bapak ini , karno negeri Palembang sedang diancam oleh rajo bugis , jadi bapak tu harus ikut kami , sekarang jugo ikut rejong milir ke Palembang, kalau idak kami betigo ini bakal saro , kami bakal dipancung leher kami apabila ngadap sunan tidak bersama bapak
Puyang ramedan : ai……cacam , mak mane yek , amon ku berangkat mikak , kebon ku kak bakal tinggal , abis sayuran dan segale isi kebonkak lantak kere dengen babi ….tapi ade care nye kamu betige milirlah , aku akan menyuruh keponakan ku yang tinggal di dusun ulu itu untuk nunggu kebon ku selame aku pergi ke Palembang ,…..besok pagi-pagi pacak aku berangkat milir, numpang perahu kajang
Rohiman :ai….jangan mak itu pak kasihanilah kami ini pak , kalu dak katek bapak bersama kami matilah kami .
Puyang ramedan : dak ke kade , kalu mikak kamu berangkat berarti gesok petang kamu lah sampek Palembang , aku besok pagi-pagi berangkat , paling-paling lepas lohor nyampe , kamu tunggu bae di depan istana sunan , kitek bertemuan disitu baru same-same ngadap sunan. Mak itu bae yek aku nak kedusun ulu nyuruh keponakan ku nunggu kebonku selame aku di Palembang
Rohimin : tapi nian pak ,jangan idak bapak tu telah harus berada di Palembang
Puyang ramedan : iyo. yakin bae lah , nah kamu berangkat ilir aku nak ke ulu nyingok keponakanku
BERSAMBUNG

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Buku cerita puyang ramedan ikak karangan bak ku Namenye A rifai adnan....dak tau sape yg menplaknye...

Posting Komentar