Sanggar Teater Putih Wadah kreatifitas Seni

SMKN 1 Sekayu memiliki wadah untuk para siswa pencinta kesenian drama atau acting. Wadah itu bernama Teater Putih SMKN 1 Sekayu. Kegiatan teater ini ternyata banyak diminati oleh para siswa. Buktinya setiap tahun nya jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ini selalu bertambah. Selain itu juga siswa teater SMK ini sudah pernah tampil dilayar MubaTV dari berbagai aksi penampilan panggungnya maupun lewat film-film hasil garapan sendiri. Pelajaran teater ini diikuti oleh siswa kelas dua dan kelas satu. Namun, tidak secara keseluruhan hanya yang berminat saja. Sedangkan jadwal latihan bagi sisw kelas dua yaitu hari Jum’at mulai jam 14.00 Wib sampai jam 16.30 Wib, untuk kelas satu jadwalnya yaitu pada hari sabtu pagi mulai jam 07.30 Wib sampai jam 11.30 Wib.

Adapun tujuan dari adanya teater ini yaitu sebagai wadah atau tempatberkumpulnya para siswa yang menyukai atau berbakat dalam dunia teater atau drama. Selain para siswa dilatih cara berdrama/beracting, mereka pun diajarkan kesenian asli sekayu yaitu Senjang, puisi dan lain-lainnya. Selanjutnya dengan adanya teater di SMK ini jika ada acara misalnya acara perpisahan maka teater akan selalu tampil untuk menghibur sekaligus menunjukkan kepada khayalak ramai bahwa siswa SMKN 1 Sekayu juga pandai berdrama. Seperti pada saat acara perpisahan tahun kemarin, siswa teater pun tampil unttuk menghibur acara perpisahan kelas tiga tersebut di gedung Auditorium Pemda dan di saksikan langsung oleh Pak Pahri Azhari (Bupati Muba sekarang).

Kegiatan teater ini merupakan kegiatan pengembangan diri sekaligus kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 1 Sekayu. Pada tahun kemarin siswa teater putih pun ada yang dikirim untuk latihan di sanggar Putri Cindai asuhan Ibu Luciantty Pahri. Dan mereka pun sudah tampil di Palembang dan membawa nama Muba. Itu bisa menjadi motivasi bagi siswa teater yang lainnya bahwa teater SMKN 1 Sekayu tidak hanya menyuruh siswa nya bergelut di penampilan sekolah sendiri akan tetapi selalu siap tampil di luar.adpun pelatih teater putih SMKN 1 Sekayu ini yaitu Suwandi, SH dan Firdaus.

0 komentar:

Posting Komentar